Bagaimana Rayap Memakan Kayu, Inilah Penjelasannya

Rayap merupakan salah satu hama yang cukup berbahaya. Hal ini karena rayap Dapat memakan kayu. Walaupun rayap memiliki tubuh yang kecil tetapi cukup berbahaya apabila bersama koloninya. Rayap bisa menghancurkan kayu bersama koloninya dengan cukup mudah, yaitu dengan menggunakan jasa anti rayap Jakarta. Lantas Bagaimana rayap memakan kayu dengan mudah berikut ini penjelasannya.

Kenapa rayap memakan kayu

Anda mungkin akan bertanya-tanya Mengapa hewan kecil yang satu ini sangat suka untuk memakan kayu dan menghancurkannya dengan mudah. Saat ini memang ada berbagai macam jenis rakyat yang bisa anda jumpai yaitu rayap kayu kering dan kayu basah. Sesuai dengan namanya, rayap rayap tersebut dibedakan berdasarkan jenis kayu yang dikonsumsi.

Dan kayu sendiri cukup disukai oleh rayap karena Kayu digunakan sebagai metabolisme untuk tubuh mereka dan untuk membuat sarang. Pada umumnya Rajab yang akan mengkonsumsi kayu akan memakan kayu secara berkelompok bahkan jumlahnya bisa terdiri dari ribuan ekor rayap dalam sekali menghabiskan kayu.

Kemudahan rayap dalam menghancurkan kayu tersebut diakibatkan karena di dalam rayap terdapat enzim selulosa dimana dihasilkan dari flagellata yang ada di dalam rayap. Biasanya rayap akan membuat terowongan yang ada di dalam kayu terlebih dahulu kemudian rayap masuk ke dalamnya dan mulai menghancurkan kayu tersebut.

Hal yang unik sendiri dari proses rayap menghancurkan kayu adalah rayap tidak akan menghancurkan kulit luar kayu tersebut sehingga nampak dari luar kayu tidak akan terlihat layaknya diserang oleh rayap.

Tanda Adanya Rayap

Untuk mengetahui Apakah kayu Anda terkena serangan rayap ataukah tidak, Berikut ini beberapa ciri-ciri apabila kayu terkena serangan rayap yang penuh anda ketahui.

  1. Kayu yang terkenal serangan rayap biasanya bisa ditandai dengan adanya rayap terbang atau disebut dengan laron yang akan merontokkan sayapnya. Oleh sebab itu apabila di rumah Anda telah terdapat rayap terbang maka perlu waspada karena ada kemungkinan terdapat properti kayu di rumah yang terserang rayap.
  2. Kayu akan terasa tipis. Ciri selanjutnya yang menandakan apabila kayu yang ada di rumah Anda terkena serangan rayap adalah kayu akan terasa tipis ketika disentuh. Walaupun dari luar kayu akan terlihat baik-baik saja tetapi Ketika anda menyentuhnya akan terasa sangat. Terlebih lagi apabila anda mengetuk kayu tersebut maka anda akan mendengar bunyi berongga b
  3. Adanya kotoran rayap. Setelah berhasil mengkonsumsi kayu maka biasanya rayap rayap tersebut akan meninggalkan gundukan kotoran berwarna coklat. Biasanya kotoran itu sendiri dapat ditemukan dengan mudah di bawah kayu yang digerogoti oleh rayap rayap tersebut.

Selain hal di atas, kayu yang digunakan sebagai pintu ataupun jendela akan sulit dibuka. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas rayap yang membuat kayu mengalami pembengkakan.

Itulah alasan mengapa rayap dapat memakan kayu dan hama yang satu ini tidak boleh Anda anggap remeh pasalnya rayap dapat menjadi sangat berbahaya bersama koloninya karena dapat menghancurkan kayu dengan mudah. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa anti rayap – Petro yang memang ahlinya dalam membasmi rayap.