Mengenal Jakarta Florist Academy, Sekolah Florist Terkenal di Indonesia

florist

florist

Pembelajaran merangkai bunga memang bukan materi biasa. Meski kedengarannya sepele dan mudah, namun untuk menciptakan rangkaian bunga yang menarik, juga ada tekniknya tersendiri. Nah, untuk itulah diperlukan sebuah kursus yang mana akan mengajari setiap Florist tentang trik-trik dan segala hal yang berkaitan dengan dunia merangkai bunga.

Salah satu sekolah atau kursus merangkai bunga ternama yang ada di Indonesia adalah Jakarta Florist Academy. Tempat kursus yang berada di Jalan Kemang Raya Nomor 30 ini merupakan satu-satunya kursus merangkai bunga yang sudah bersertifikasi lho. Tidak main-main, kurikulum yang ada di JakFlo (sebutan Jakarta Florist) ini mengacu pada Flowers Design School Australia yang juga dimiliki oleh European Master Florist. Nah, ingin tahu fakta-fakta lain mengenai JakFlo? Ada baiknya simak ulasan berikut ini. Check this out!

  1. Berdiri Tahun 2005

Pada mulanya, Sara Destariansyah selaku pendiri JakFlo hanya mengadakan sebuah workshop tentang merangkai bunga di Jakarta bersama sang suami. Lalu baru di tahun 2007, Sara mulai menambahkan sebuah kelas creative seperti perhiasan mutiara serta gift wrapping. Setelahnya di tahun 2011, bersama kolega bisnisnya yakni Mimie Siauw, Fauziyah Arsiyanti, dan Rara Sumawinata, mereka mulai mendirikan JakFlo Floral Academy and Creative Centre.

  1. Program Studi di JakFlo

Program studi yang ada disana terdiri atas 2 pilihan, yakni Program Sertifikasi JFA dan Program Workshop saja.

Untuk kelas sertifikasi dibagi lagi menjadi 3 level, yaitu :

  • Contemporary Floral Design

Basic Level satu ini memang dikhususkan untuk para pemula yang serius ingin memiliki usaha Florist sendiri. Dalam Contemporary Floral Design, tersedia 7 modul untuk masa 27 minggu atau sekitar 27x pertemuan.

  • Professional Contemporary Floral Design

Level Intermediate satu ini ditujukan untuk Florist professional. Disana mereka akan diajari berbagai teknik dan segala hal tentang dunia merangkai bunga yang berguna untuk memajukan usaha. Di level ini, tersedia 7 modul untuk masa 27 minggu atau sekitar 27x pertemuan.

  • Advanced Contemporary Floral Design

Level Advanced satu ini ditujukan untuk para artist bunga yang membutuhkan pengembangan dari teknik display yang berguna untuk dekorasi maupun kompetisi. Berbeda dari 2 program sebelumnya, di level ini hanya tersedia 7 modul dengan masa 19 minggu saja alias 19x pertemuan, plus tambahan 4 minggu Final Project.

Sedangkan untuk kelas workshop, murid akan lebih berfokus kepada teknik daripada teori, berbeda dari kelas sertifikasi. Banyak sekali tema yang dapat diikuti, mulai dari workshop Simply posy, flower frame, Creative balloon and flower garland, chocolate bloom box, tropical and rustic table decor, holiday centrepiece, ribbon decor, hingga hanging flower dan berbagai tema kreatif lainnya.

  1. Harga yang Kompetitif

Disbanding dengan keahlian yang nantinya akan didapatkan, harga kursus disini lumayan terjangkau lho. Untuk kelas workshop, harga kursusnya mulai dari Rp 700.000 saja. Sedangkan untuk kelas Sertifikasi, sedikit mahal yakni sekitar Rp 16.000.000.

Demikianlah ulasan mengenai Jakarta Floral Academy. Semoga bermanfaat.