Perbedaan Antara Strauss Pile Dan Bor Pile

strauss pile

strauss pile

Strauss pile merupakan pondasi dalam dengan cara mengebor tanah, yang dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia. Berbeda dengan bor pile yang memakai mesin. Nah untuk anda yang masih bingung antara pondasi strauss dengan pondasi bor pile ini. Berikut akan dijelaskan secara mendetail antara perbedaan keduanya agar anda bisa lebih memahaminya.

 

Kondisi tanah

Perbedaan antara pondasi strauss dengan pondasi bor pile ialah melalui kondisi tanah. Jika kondisi tanah keras pada permukaan tanah yang terletak pada kedalaman pondasi antara 2 sampai 3 meter maka ini sangat cocok untuk strauss pile. Dan untuk kondisi tanah yang lunak hingga kedalaman mencapai 6 meter ini juga cocok untuk pondasi strauss.

Sedangkan untuk bor pile sendiri, kondisis tanah yang pas ialah jika permukaan tanah keras dengan kedalaman 10 meter sampai 20 meter lebih. Untuk permukaan yang lunak sampai kedalaman 6 meter juga pas untuk pondasi bor pile ini.

 

Tenaga yang berbeda

Mungkin sebagian sudah tau bahwa strauss pile ini dilakukan pengeboran dengan menggunakan tenaga manusia atau dikenal dengan istilah secara manual. Berbeda dengan bor pile yang dilakukan dengan tenaga mesin. Jadi untuk bor pile tidak perlu repot-repot dalam pemasangan  pondasi karena hanya dengan menggunakan mesin semua akan beres.

 

Diameter yang berbeda

Untuk pondasi strauss ini memiliki diameter yang sangat terbatas yaitu sekitar 20, 25, 30cm saja. Terbatasnya ukuran diameter di karenakan pondasi strauss ini menggunakan tenaga manusia yang pastinya sangat jauh dengan tenaga mesin. Selanjutnya untuk bor pile diameter yang bisa di lakukan pemasangan pondasi di mulai dari 20 cm sampai 60 cm.

 

Kedalaman pondasi yang berbeda

Jasa yang bekerja untuk pemasangan pondasi bor pile dapat mengerjakan hingga dikedalaman tanah yang memiliki permukaan keras, hal itu di buktikan oleh hasil sondir tanah, namun untuk pemasangan pondasi strauss ini hanya mencapai kedalaman kondisi tanah lunak saja, hal tersebut karena tenaga manusia yang tidak bisa menyaingi tenaga mesin.

 

Kebisingan dalam pengerjaannya

Untuk pondasi bor pile karena menggunakan mesin diesel, maka hal tersebut dapat membuat suara bising ketika proses pelaksanaan pemasangan pondasi berlangsung, namun berbeda dengan pondasi strauss yang tidak akan membuat getaran, karena pondasi strauss ini dikerjakan oleh tenaga manusia saja, dan tidak ada bantuan mesin sama sekali dengan begitu tidak menimbulkan suara bising.

Sekian dari perbedaan antara pondasi strauss pile dengan pondasi bor pile. Jika anda lebih menelusurinya, tidak hanya itu saja namun banyak sekali perbedaannya. Semoga dengan perbedaan yang telah di jelaskan diatas membuat anda tidak salah pilih apabila anda berkeinginan memasang pondasi ya. Semoga info ini bisa menambah wawasan anda tentang pemasangan pondasi.